Walikota Serang dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang Hadiri Presentasi Badan Publik pada Monev Komisi Informasi Provinsi Banten 2020 secara Daring

Walikota Serang dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang Hadiri Presentasi Badan Publik pada Monev Komisi Informasi Provinsi Banten 2020 secara Daring

Walikota Serang dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang Hadiri Presentasi Badan Publik pada Monev Komisi Informasi Provinsi Banten 2020 secara Daring

SERANG (6/10) – Walikota Serang bersama dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang melakukan presentasi yang berkaitan dengan pelayanan informasi publik di Wilayah Kota Serang pada monitoring dan evaluasi (monev) Komisi Informasi 2020 melalui pertemuan daring via Zoom. Presentasi ini bertempat di Workspace Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang pada Selasa, 6 Oktober 2020.

Dalam acara ini, Walikota Serang, H. Syafrudin dan Kepala Dinas Kominfo Kota Serang, W. Hari Pamungkas mempresentasikan mengenai pelayanan informasi publik di Kota Serang kepada Komisi Informasi (KI). Bentuk  informasi pelayanan publik yang dapat diakses masyarakat Kota Serang yang tergabung dalam aplikasi RAGEM Kota Serang diantaranya yaitu layanan Call Center Gawat Darurat 112, aplikasi RABEG (Reaksi Atas Berita Warga), layanan daftar Informasi Publik Kota Serang PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi), layanan informasi harga sembako Kota Serang, layanan data statistik informasi Kota Serang, layanan data kependudukan warga Kota Serang, layanan info Corona wilayah Kota Serang, kalender info kegiatan Pemerintah Kota Serang, Gelati (layanan pencarian tempat wilayah Kota Serang), jaringan dokumentasi hukum wilayah Kota Serang, layanan pengadaan elektronik wilayah Kota Serang, dan rencana umum pengadaan Pemerintah Kota Serang. Selain itu, terdapat juga aplikasi KADAL EMAS (Kawal Dana Kelurahan Electronic Monitoring Application System) yang merupakan aplikasi kolaborasi antara Diskominfo dan Kejaksaan Negeri Serang.

Setiap tahunnya, Komisi Informasi menyelenggarakan monitoring dan evaluasi yang berkaitan dengan pelayanan informasi publik seperti ini sebagai salah satu penilaian keterbukaan informasi publik di daerah. Menurut Walikota Serang, pelayanan informasi publik di Kota Serang mengalami peningkatan yang luar biasa dari tahun ke tahun dan hingga saat ini relatif belum ada keluhan dari masyarakat terkait informasi publik. “Tahun 2019 Kota Serang meraih peringkat 3 yang berkaitan dengan pelayanan informasi publik. Mudah-mudahan tahun ini meningkat menjadi peringkat 2 atau peringkat 1” ujar Walikota Serang. Pemerintah Kota Serang akan berusaha terus memperbaiki pelayanan informasi publik di Kota Serang demi kepuasan masyarakat (Ade).