Sambut Smart City, Diskominfo Kota Serang Kembangkan Inovasi Baru Pada Aplikasi Ragem

Sambut Smart City, Diskominfo Kota Serang Kembangkan Inovasi Baru Pada Aplikasi Ragem

Sambut Smart City, Diskominfo Kota Serang Kembangkan Inovasi Baru Pada Aplikasi Ragem

Sambut Smart City, Diskominfo Kota Serang Kembangkan Inovasi Baru Pada Aplikasi Ragem

SERANG - Sebagai salah satu upaya dalam mempersiapkan smart city, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang kembangkan aplikasi pelayanan publik, Kamis (30/06/2022).

Hal ini dilakukan guna menciptakan ekosistem smart city yang saling mendukung dan terintegrasi, juga mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik berbasis elektronik.

Seperti pada aplikasi RAGEM (Religius, Adaptable, Great, Educate, Modern) aplikasi ini merupakan induk dari seluruh aplikasi informasi layanan masyarakat yang dikelola oleh Diskominfo Kota Serang.

Aplikasi ini diciptakan untuk mengintegrasikan berbagai macam aplikasi layanan informasi yang telah dibuat sebelumnya seperti aplikasi RABEG (Reaksi Atas Berita Warga), Glati (Jual Beli Produk UMKM di Kota Serang), Layanan Kegawat Daruratan 112 dan akan ditambah aplikasi surat menyurat.

Pranata Komputer Ahli Muda, Bidang E-government, Diskominfo Kota Serang, Ahmed Beiruni, menjelaskan pengembangan aplikasi dan inovasi yang dilakukan untuk menciptakan efesiensi jarak dan waktu.

"Seperti pada aplikasi RAGEM menambahkan fitur menu Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), selain itu pengembangan yang dilakukan pada aplikasi Glati akan menjadi Market Place Pemkot Serang sebagai satu satunya rekomendasi pengadaan belanja barang yang nilainya dibawah 100.0000.000," kata Ahmed.

Selain fitur baru pada aplikasi tersebut, ada juga inovasi aplikasi surat menyurat, aplikasi ini akan menyediakan berbagai format surat dan menyediakan tandatangan elektronik sebagai inovasi terbaru.

Ahmed menambahkan pengembangan pada setiap fitur aplikasi tersebut dapat menjadi langkah kongkrit untuk mempersiapkan smart city di Kota Serang. Saat ini Diskominfo Kota Serang dalam tahap pembuatan masterplan smart city dipastikan rampung hingga akhir November 2022 mendatang.

Pembuatan masterplan smart city di Kota Serang, Lanjut Ahmed dilakukan melalui 4 tahapan bimtek dengan arahan juga bimbingan dari pemerintah pusat.

"Progres bimtek pertama smart city sudah dilakukan pada tanggal 9 sampai 10 April lalu, kemudian rencananya bimtek kedua akan dilaksanakan pada 12 sampai 13 Juli mendatang," tambah Ahmed.

Untuk sekedar diketahui, penandatanganan nota kesepakatan tentang implementasi gerakan menuju kota cerdas atau smart city telah dilakukan oleh Pemkot Serang bersama Diskominfo Kota Serang, mendukung program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian PUPR, Bappenas dan Staf Kepresidenan pada Kamis (21/04) lalu.