Pelaksanaan Bimtek Tahap IV Smart City Kota Serang

Pelaksanaan Bimtek Tahap IV Smart City Kota Serang

Pelaksanaan Bimtek Tahap IV Smart City Kota Serang

Dalam penutupan rangkaian acara Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan master plan smart city dan quick win program unggulan Kota Serang pada tahap IV, Pemerintah Kota Serang bersama dengan beberapa kepala OPD Kota Serang serta akademisi menandatangani komitmen bersama pelaksanaan pembangunan smart city Pemerintahan Kota Serang yang bertempat di hotel atlantic city (13/9).

Dihadiri juga oleh ASDA I Kota Serang Subagyo, ASDA III Kota Serang Imam Rana, ketua tim pelaksana smart city Kota Serang M. Ridwan serta kepala OPD lainnya.
Penandatanganan ini merupakan wujud komitmen bersama Pemerintah Kota Serang dalam mewujudkan smart city Kota Serang. Smart city merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari dengan tujuan untuk mempertinggi efisien, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.


Sebagai ketua tim pelaksana dewan smart city, M Ridwan mengatakan bahwa akan mendukung setiap inovasi yang sudah disusun oleh masing-masing OPD untuk dapat diaplikasikan. Disampaikan juga bahwa Kota Serang sendiri sudah masuk kedalam kategori Kota inovasi.
"Kami mendukung peran dari seluruh inovasi yang bapak-ibu semua susun didalam OPD masing-masing untuk bisa diidentifikasi, terkontrol dan teraplikasi sesuai dengan yang sudah disusun" Ucapnya.
"Kota Serang sudah masuk kedalam kategori kota inovasi dari 93 kota dan kita urutan ke 49" Sambungnya.


Kepala Diskominfo Kota Serang Arif Rahman Hakim menyampaikan bahwa seluruh stakeholder yang terlibat sepakat untuk melakukan pengembangan dan penajaman. Hal ini yang kemudian dituangkan kedalan master plan smart city Kota Serang dan diimplementasikan kedalam RPJMD.


"Seluruh stakeholder yang terlibat sepakat untuk melakukan pengembangan dan penajaman terhadap data inovasi yang telah di agregasi oleh tim pelaksana smart city, sebagai program tersusun berdasarkan masing-masing dimensi dan sekaligus diimplementasikan kedalam RPJMD Kota Serang" Ucapnya.


Bimtek ini merupakan sarana dalam mensinkronkan program pemerintah dengan gerakan menuju smart city, sehingga seluruh pemangku kepentingan dapat bersinergi melaksanakan gerakan menuju smart city dan quick win program unggulan Kota Serang. Ditempat yang sama ASDA III Kota Serang Imam Rana berharap bahwa adanya Bimtek tahap IV ini mampu menghasilkan konsep smart city yang baik sesuai dengan kondisi yang ada di Kota Serang serta dijalankan secara optimal dari masing-masing OPD terkait.
"Harapannya dengan adanya bimtek ini bisa menghasilkan konsep smart city yang baik, sehingga dapat diimplementasikan dan dapat mempermudah pelayanan terhadap masyarakat" Ucapnya.


Dengan ditandatangani komitmen pelaksanaan smart city oleh setiap kepala OPD sebagai suatu bentuk tanggungjawab bersama untuk menjadikan smart city Kota Serang terlaksana secara optimal dan mampu memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat. Kota Serang akan terus berinovasi mewujudkan Kota cerdas kedepannya.