Artikel

Diskominfo Berikan Fasilitas Bandwidth dan VoIP untuk Seluruh OPD

    Dibaca 26 kali Bandwidth VoIP TIK

Di era milenial saat ini kebutuhan internet sudah menjadi salah satu kebutuhan setiap manusia terutama bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai penyelenggaraan Pemerintahan. Penggunaan internet saat ini dipengaruhi oleh besarnya bandwidth. Bandwidth dapat diartikan sebagai lebar pita namun secara umum brandwidth merupakan istilah yang merujuk pada suatu nilai konsumsi dalam transfer data yang terjadi antara perangkat server dan client dalam waktu tertentu, biasanya dihitung dalam satuan bps (bit per second).

 

edit1

 

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang yang mempunyai visi diantaranya untuk meningkatkan kualitas pelayanan public yang professional berbasis TIK, mengembangkan infrastruktur TIK melalui pengembangan aplikasi, muatan layanan public, standarisasi dan pemanfaatan jaringan TIK. Menyikapi hal tersebut Diskominfo Kota Serang melalui bidang infrastruktur telah memberikan fasilitas bandwidth dengan tahap pengerjaan : pembelian internet domestic 150 Mbps, internasional 50 Mbps, kemudian tahap persiapan infrastruktur yaitu tahap lelang, tahap uji coba dan tahap instalasi kemudian tahap ketiga pendistribusian kepada 33 organisasi perangkat daerah se Kota Serang pada bulan Juni-Juli 2018.

 

4

 

Pemasangan bandwidth ini meliputi pemasangan wireless base station (solusi efektif untuk aplikasi jaringan wireless outdoor), instalasi VoIP (Voice over Internet Protocol) yang merupakan teknologi untuk menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung, sinyal suara analog, seperti yang anda dengan ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time. Dengan kata lain VoIP ini dapat digunakan sebagai media komunikasi langsung secara internal antar OPD yang ada di Lingkungan Pemerintahan Kota Serang.

 

edit3