Artikel

KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA RI MENGADAKAN FLASH BLOGGING

    Dibaca 12 kali Kemenkominfo Cegah Hoax Flash Blogging Blogger Serang

Dewasa ini arus penyebaran informasi berkembang dengan pesat. Lalu lintas dunia maya semakin tak terbendung dengan sarana yang semakin mudah menjadikan akses di dunia maya semakin mudah pula sehingga perlunya filter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti  pemberitaan yang berunsur hoax dan bertambahnya unsur penyebaran kebencian dalam berbagai media, baik  bersifat individual maupun yang berbasis organisasi, tersebut.

 

Dinas Kominfo Provinsi Banten berkerjasama dengan Kementerian Kominfo RI  mengadakan acara flash blogging (20/3) bertemakan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam bermedia sosial yang diadakan di Hotel Ledian Kota Serang  bersama 75 orang dalam komunitas blogger yang ada di daerah Banten. Hadirnya komunitas blogger dan penulis lainnya di media sosial di Banten untuk menjawab permasalahan penyebaran informasi yang bersifat hoax dan pemberitaan palsu lainya sehingga stabilitas dan nilai-nilai Pancasila dalam media sosial terjaga dengan baik, hal inilah yang akan ditekankan bagaimana proses penyebaran informasi dan pembuatan informasi sebagai contohnya tulisan yang dimuat di media sosial harus memberikan nilai positif.

 

Menurut Kusma Supriatna selaku Kepala Seksi Komunikasi Kelembagaaan dan kemitraaan media mengatakan bahwa “ penyebaran informasi dan penyebaran berita bohong /hoax, sangat berdampak luas, termasuk ujaran kebencian yang sering kit abaca di media sosial. Hal inilah salah satu yang mendasari dilakukannya kegiatan ini. Selain itu untuk lebih menanamkan kembali nilai- nilai Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dalam keberagaman dan melalui media sosial sangat kuat mempengaruhi masyarakat untuk mengembalikan rasa persatuan antar sesame dalam keberagaman diantara kita”.Ungkap Kusma

 

Tambahnya lagi “para blogger yang ada di Banten  ini hobbynya adalah menulis dari menulis ini lah bagaimana menanamkan nilai-nilai Pancasila sehingga pemberitaan yang di tulis bernilai konten positif ” ujar Kusuma supriatna.

 

Tujuan dari acara ini adalah  untuk memberikan pemahaman generasi muda tentang persatuan dan kesatuan , memupuk kembali identitas nasional dan menginformasikan upaya pemerintah untuk Indonesia yang maju dan lebih baik , untuk blogger ini semoga memberikan pemahaman penulisan yang positif tanpa hoax.